Sejuta Harapan Rasya – Dari Safari Sembako Sampai Rumah Sakit

11:35 Unknown 0 Comments

Safari sembako adalah kegiatan rutin Lembaga Penyantunan Yatim Piatu dan Dhuafa “Ahlus-Shofa Wal-Wafa” Simoketawang Wonoayu Sidoarjo (Team Walima), pembagian ratusan paket sembako ini khusus untuk para keluarga dhuafa yang dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2015 dengan lingkup wilayah kabupaten Mojokerto, Sidoarjo, Gresik dan Surabaya.

Berawal dari safari sembako inilah kami team walima menemukan Rasya. Nenek dan ibu Rasya adalah salah satu dari ratusan keluarga dhuafa yang mendapatkan bantuan paket sembako. Rasya yang pada saat itu berusia delapan bulan ditemukan dalam kondisi yang sangat memperihatinkan, Rasya mengalami gangguan aliran cairan didalam otak atau disebut penyakit Hedrosefalus. Rasya tinggal bersama ibu dan nenek nya disebuah rumah kos  dengan lebar kira-kira 6 x 2 meter di daerah kecamatan Candi Sidoarjo. Keadaan ekonomi yang serba kekurangan mengakibatkan orang tua Rasya tidak sanggup membawa Rasya ke rumah sakit untuk berobat. Harapan dari BPJS Kesehatan ataupun Kartu Indonesia Sehat (KIS) masih belum terfasilitasi dengan baik karena masih adanya ganjalan dalam penggurusan Akte Kelahiran, hal ini semakin menambah keprihatinan kami untuk peduli kepada nasib Rasya.

Paket sembako yang diberikan saat kegiatan “Safari Sembako” tersebut belum mencukupi untuk meringankan beban penderiaan Rasya dan keluarganya. Kepedulian terhadap Rasya dan keluarganya tidak cukup berhenti pada proses pemberian paket sembako saja. Pada  tanggal 25 Oktober 2015 dalam kegiatan “Pengobatan Gratis” team Walima mengundang Rasya untuk ikut serta. Kegiatan pengobatan gratis ini bekerja sama dengan GKI Sidoarjo dan GKI Resud Surabaya. Dari hasil pemeriksaan awal relawan Dokter, Rasya  mendapat rujukan untuk segera di tangani di rumah sakit mengingat penyakit ini tergolong kasus yang langka. 
Seiring perkembangannya beberapa pihak lain juga ikut serta membantu meringankan beban penderitaan Rasya antara lain Bante Virya, seorang bante dari Maha Vihara Mojopahit Mojokerto yang memberikan Rujukan kepada kami untuk membawa Rasya ke Yayasan Budha Tsu-Chi. Alhamdulillah dari hasil pertemuan team walima dengan Yayasan Budha Tsu-Chi rasya dan Keluarga mendapatkan santunan bulanan yang berupa Kebutuhan Pokok, Susu, pampers dan lain-lain. Tidak hanya itu saja beberapa pihak lain dan para dermawan yang mempuyai simpati dan empati terhadap Rasya juga turut serta memberikan bantuan berupa keperluan Rasya sehari-hari. Semoga peran serta kita yang berkesinambungan dalam kepedulian terhadap sesama ini selalu mendapatkan jalan kebaikan dan kemudahan dari Allah Tuhan Yang Maha Kuasa.

0 comments: