Hari raya Anak Yatim

19:57 Unknown 0 Comments

Tanggal 10 Muharram (Asyura’) dirayakan oleh sebagian umat Islam di negeri ini sebagai hari raya yang sering disebut dengan ‘Lebaran Yatim’. Ini adalah hari raya yang dikhususkan bagi anak-anak yatim. Pada hari itu mereka dikumpulkan dan disantuni.
Rasulullah pernah menegaskan, “Aku dan orang yang menyantuni anak yatim akan berada di surga seperti ini.” Nabi SAW bersabda demikian sambil menegakkan jari telunjuk dan jari tengahnya, serta merenggangkan antara keduanya. (HR Bukhari). Dalam hadis lain Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa di antara kamu Muslimin yang menanggung makan dan minum (memelihara) anak yatim, maka Allah akan memberikan kecukupan penghidupan baginya dan mengharuskan dia masuk surga, kecuali dia melakukan dosa yang tidak teram,punkan.” (HR Turmudzi dari Sahl bin Sa’ad).
Semoga di tanggal 10 Muharam (Asyura’) ini, kita sebagai Muslim dapat mengamalkan esensi Asyura’ itu sehingga menjadikan kita saleh secara ritual sekaligus saleh secara sosial. Yakni, melaksanakan shaum Asyura’ dan memuliakan anak yatim.
Mari salurkan donasi anda melalu Lembaga penyantunan anak yatim piatu dan dhu'afa "Ahlus-shofa Wal-wafa"

0 comments: